Pantai Krakal, Keindahan Wisata Pantai Tiada Duanya

Pantai Krakal, tujuan wisata alam pantai yang keindahannya luar biasa. Tak heran jika wisatawan yang datang ke Jogja selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi keindahan pantai Krakal.

Sebelum anda membuktikan keindahan pantai Krakal, sebagai referensi berikut ini saya deskripsikan keindahan pantai Krakal, lokasinya, fasilitas yang tersedia hingga akomodasi.

Obyek Wisata Pantai Krakal terletak di Desa Ngertirejo,Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Pantai ini adalah salah satu pantai terindah di Yogyakarta, dan salah satu obyek wisata andalan Gunungkidul. Memiliki pantai yang luas dan terpanjang diantara 7 pantai lainnya. Terletak 3 Km sebelah timur Pantai Baron dengan pasir putih yang membentang berkilauan di sepanjang pantai.

Pantai Krakal sudah lama terkenal sebagai salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki keindahan alam luar biasa. Seperti halnya dengan pantai lainnya di kawasan Gunung Kidul, Pantai Krakal juga dikelilingi oleh tebing-tebing besar, bahkan beberapa wisatawan mengaku jika Pantai Krakal adalah pantai terindah di Yogyakarta, biasanya wisatawan yang berkunjung akan membuat rute liburannya dari Pantai Baron menuju Pantai Kukup dan diakhiri di Pantai Krakal atau sebaliknya.

Garis pantainya yang landai dan mempunyai pasir putih dengan hempasan ombak laut yang jernih. Batu batu karang menghiasi sebagian besar bibir pantai krakal, menjadikan rumah bagi ikan-ikan karang dan biota laut yang berwarna-warni. Ikan damselfish kuning dengan aksen biru di punggungnya, ikan butterflyfish bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta sekelompok ikan kecil berwarna biru terang berenang di antara bebatuan karang sangat indah untuk di lihat.

Pantai Krakal memiliki sederet batu karang yang menyembul ke permukaan seolah berbaris memanjang membentuk sebuah jalan setapak di lautan lepas. Bila Anda berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk mengenakan alas kaki karena batu-batu karang ini agak tajam.

Pantai Krakal memiliki ombak yang besar sehingga cocok untuk bermain selancar. Bagi Anda yang suka selancar silahkan berjalan menuju ke deretan batu karang di lepas pantai untuk kemudian menyongsong ombak bertipe reef break yang cukup menantang. Dasar laut di pantai ini didominasi oleh karang sehingga Anda harus ekstra hati-hati.


SEJARAH PANTAI KRAKAL

Secara administratif, Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY. Berada di tengah-tengah bentang alam antara Pantai Baron dengan Pantai Pok Tunggal. Pantai Krakal berada di sebelah timur Pantai Baron dengan jarak sekitar 8 km. Bila ditempuh dari kota Wonosari jaraknya sekitar 35 km, dan dapat melalui dua buah jalur yaitu jalur barat melewati Pantai Baron, dan jalur timur melewati kecamatan Tepus, dan Pantai Sundak.

Nama “KERAKAL” dalam bahasa Jawa berarti batu-batuan kecil yang tersebar. Pantai ini diberi nama Pantai Krakal berasal dari istilah “KERAKAL” dan untuk memudahkan dalam penyebuannya maka istilah “KERAKAL menjadi KRAKAL”. Diberi nama demikian karena di pantai tersebut selain berupa hamparan pasir putih yang memanjang juga banyak terdapat batuan-batuan sebesar bulatan telur (kerakal) dengan permukaan halus dan berwarna putih. 


Kerakal-kerakal tersebut sangat bagus menghiasi panjangnya bibir pantai. Dan karena itu, krakal-krakal ini laku dijual karena cocok untuk membuat taman-taman, sehingga sampai saat ini keberadaan kerakal tersebut sudah habis dan hanya menyisakan namanya saja. Peraturan Pemerintah yang melarang pengambilan batu dan pasir putih datangnya sudah terlambat karena batu kerakalnya sudah terlanjur habis, dan yang masih tersisa adalah pasir putihnya saja. Hingga sekarang pantai yang dulunya dipenuhi dengan kerakal, kini populer dengan sebutan pantai Krakal.

pantai krakal gunung kidul
 


YANG ASYIK DI PANTAI KRAKAL

Mengunjungi pantai Krakal, anda akan memiliki pengalaman yang tidak akan dijumpai di tempat wisata lain. Berikut ini adalah hal - hal asyik yang akan anda temukan di pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta :

1. Mencari ikan di sela-sela karang. Rugi tentu jika setelah jauh-jauh datang ke pantai Krakal Anda tidak melihat lucunya ikan yang berwarna-warni berenang hilir mudik mencari ikan di sela-sela bebatuan karang. Selain ikan kita juga bisa melihat biota laut lainnya seperti landak laut, bintang laut dan lain sebagainya.

2. Surfing. Surfing adalah salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda coba di pantai Krakal. Tingkat kesulitan ombak bisa dibilang menengah dengan arah arus ke kanan dan ke kiri dan kadang-kadang terhenti sejenak. Sehingga bisa Anda jadikan waktu yang tepat untuk memposisikan diri sebelum ombak terbentuk. Namun untuk surfing di pantai Krakal Anda harus membawa papan surf sendiri karena di sana belum ada tempat penyewaan papan selancar.

3. Mendaki batu karang. Pantai Krakal memiliki dua batu karang besar yang memisahkan pantai ini dengan pantai sebelahnya. Kita bisa naik ke atas dengan melalui jalur yang sudah disediakan oleh penduduk lokal menuju Gazebo yang memang di sediakan bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya pantai dari atas. Jika belum puas, anda juga dapat mengunjungi tempat wisata di Bantul, masih dalam provinsi DIY, di sana ada wisata pantai ( sepertu Parang Tritis ) juga dan banyak wisata jenis lainnya. Baca juga : air terjun Madakaripura


FASILITAS UMUM DI PANTAI KRAKAL

1. Hotel atau Penginapan di Pantai Krakal. Anda tidak perlu bingung mencari hotel atau penginapan di pantai Krakal karena di kawasan objek wisata pantai ini banyak sekali terdapat hotel atau penginapan. Jika Anda tidak dapat menemukan penginapan di dekat pantai Krakal karena sudah penuh, Anda bisa mencarinya di dekat pantai Sadranan atau yang lebih banyak lagi di area pantai Indrayanti. Harganya pun bervariasi, dari mulai Rp.50.000,- pada hari biasa hingga Rp.500.000,- pada hari libur dan tentunya tergantung tipe penginapan dan fasilitas yang diberikan. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari”.

2. Warung Makan. Di area pantai Krakal terdapat warung makan yang menjajakan makanan dengan menu ikan laut atau menu dengan lauk lainnya. Kuliner yang wajib Anda coba di pantai Krakal adalah rempeyek yang terbuat dari Umbal, yaitu binatang laut yang menempel pada bebatuan karang.

3. Toilet Umum. Warga atau penduduk lokal juga menyediakan toilet atau kamar mandi umum bagi para pengunjung dengan donasi seperti pada umumnya.


RUTE MENUJU PANTAI KRAKAL

Dari pusat Kota Yogyakarta, ambilah arah menuju Wonosari, setelah memasuki Kota Wonosari kamu akan melewati tiga lampu merah, kemudian berbeloklah ke kanan, lalu ikuti jalan lurus sampai kamu menjumpai papan petunjuk arah, apabila ke kiri akan menuju objek wisata Pantai Sundak, Pantai Siung, dan Pantai Wediombo, kamu tinggal lurus saja menuju arah Pantai Baron, Kukup dan Krakal.