Tempat Wisata DI Bantul Yang Paling Favorit Untuk Wisatawan

Tempat wisata di Bantul. Beberapa tempat wisata favorit yang ada di kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Mendengar nama kabupaten Bantul mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, yang selalu dikaitkan dengan tempat wisata pantai parang tritis. Padahal ... tempat wisata di kabupaten Bantul banyak sekali, tidak hanya pantai parang tritis.

Kabupaten Bantul adalah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukotanya adalah Bantul. Moto kabupaten ini adalah Projotamansari singkatan dari Produktif-Profesional, Ijo royo royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman di utara, Kabupaten Gunung Kidul di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di barat.

Bagian selatan kabupaten ini berupa pegunungan kapur, yakni ujung barat dari Pegunungan Sewu. Sungai besar yang mengalir di antaranya Kali Progo (membatasi kabupaten ini dengan Kabupaten Kulon Progo, Kali Opak, Kali Tapus, beserta anak-anak sungainya.


TEMPAT WISATA DI BANTUL

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata pilihan yang ada di kabupaten Bantul yang layak anda kunjungi :

1. Pantai Parangtritis. Salah satu obyek wisata pantai yang paling populer di Bantul, Yogyakarta. Pantai ini mempunyai ombak yang lumayan besar dengan pasir vulkanis berwarna hitam yang akan tampak berkilau ketika terkena sinar matahari. Di sekelilingnya juga ada tebing batu yang tinggi. Akan tetapi di balik keindahan panorama alamnya, masyarakat sekitar percaya bahwa Parangtritis merupakan tempat keramat atau lokasi yang dianggap suci. Hal ini disebabkan oleh satu cerita legenda yang menyebutkan bahwa Parangtritis adalah tempat  kediaman dari Penguasa Laut Selatan yang dikenal dengan Kanjeng Ratu Kidul.

Kanjeng Ratu memakai pakaian yang berwarna hijau, karenanya pengunjung yang datang ke pantai ini dilarang mengenakan pakaian hijau saat berada di area Pantai Parangtritis. Suara deburan ombak, udara sejuk, dan pemandangan hijau perbukitan di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Alamat Parangtritis adalah di Kecamatan Kretek, Bantul.


2. Pantai Parangkusumo. Salah satu pantai di Bantul yang mempunyai pemandangan alam indah dan termasuk populer juga adalah Pantai Parangkusumo. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Parangtritis dan terkenal memiliki sisi mistis.

Di Pantai Parangkusumo terdapat sebuah bangunan yang dinamakan dengan Cepuri, isi dalam Cepuri ini adalah dua buah batu yang dinamai Batu Cinta. Nah, menurut ceritanya, di atas Batu Cinta pernah ada pertemuan antara penguasa Kerajaan Mataram pertama bernama Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul. Di situlah terjadi sebuah kesepakatan yang menyatakan kesediaan Kanjeng Ratu Kidul untuk membantu membuat Kerajaan Mataram jadi sebuah kerajaan yang akan disegani di Tanah Jawa.

Karena cerita inilah sampai dengan saat ini, banyak orang yang berkunjung ke Pantai Parangkusumo mempunyai tujuan tertentu. Mereka melakukan ritual khusus, bermeditasi, atau upacara, salah satu tujuannya agar segala yang diinginkan atau cita-citakan dapat terlaksana dan tercapai.


3. Balong Waterpark. Ini adalah salah satu waterpark yang mengasyikkan, tempat wisata di Bantul favorit untuk keluarga karena memiliki beraneka ragam wahana permainan. Beberapa permainan yang ada di Balong antara lain adalah seluncuran air yang mempunyai ketinggian 9 meter dan 12 meter, selain itu ada juga seluncuran yang khusus disediakan untuk keluarga (family slide) dan mempunyai ukuran yang lumayan lebar.

Untuk masuk ke dalam obyek wisata Balong Waterpark anda cukup membayar seharga Rp 15.000,- untuk hari Senin sampai dengan Sabtu. Khusus hari Minggu tiketnya Rp 20.000,-. Sangat terjangkau, kan? Sementara jadwal bukanya adalah pukul 10.00-18.00 (Senin-Sabtu) dan 08.00-18.00 (Minggu). Alamat : bagian timur Yogyakarta, Jalan Pleret km 1,5, Balong Potorono, Bantul, Yogyakarta.


4. Gua Cerme. Tempat wisata di Bantul selanjutnya yang terkenal adalah Gua Cerme. Ketika anda masuk ke dalam gua, anda dapat melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang begitu memukau. Gua yang berbeda dari gua kebanyakan ini memiliki keunikan sendiri, atapnya yang bolong yang memantulkan cahaya masuk kedalam akan semakin memperindah view yang ada.

Panjang Gua Cerme mencapai 1,5 km dengan ujung Gua ada di Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisatawan yang datang ini dari berbagai penjuru, baik itu wisatakan lokal maupun wisatawan asing. Alamat Gua Cerme : Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


5. Pantai Gua Cemara. Ini juga merupakan tempat wisata di Bantul yang cukup terkenal. Tempat wisata ini dinamakan Gua Cemara karena sepanjang jalan masuk untuk menuju lokasi pantai, anda akan menemukan ada banyak pohon cemara di sisi kiri dan kanan. Jadi bila kita perhatikan dengan seksama maka, deretan pohon cemara tersebut membentuk seperti gua. Itulah asal mula nama pantai tersebut. Alamat : Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


6. Kids Fun. Tempat wisata selanjutnya yaitu Kids Fun. Tempat ini adalah lokasi wisata keluarga dan anak. Banyaknya wahana permainan yang ada membuat anak betah untuk berlama-lama main di sini. Wahana permainannya antara lain adalah gokart, bumper car, flying fox, swinger, kolam renang, dan lain sebagainya.

Harga tiket masuk lokasi Kids Fun berbeda-beda, tergantung umur dan spot mana yang ingin anda masuki. Untuk anak yang berusia 2-13 tahun harga tiketnya Rp 55.000,- dan dewasa dipatok dengan harga Rp 55.000,-. Tiket masuk kolam renang seharga Rp 22.500,- dan untuk tiket masuk paket kolam renang serta taman bermain dibanderol seharga Rp 69.000,- (2-13 tahun) dan Rp 59.000,- (dewasa). Alamat : Jalan Wonosari km 10, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta.


7. Gua Selarong. Bagi anda yang pemerhati sejarah, Gua Selarong merupakan tempat wisata di Bantul yang  memiliki nilai historis di dalamnya. Pada masa penjajahan Hindia Belanda, gua ini sempat dipakai sebagai markas perang gerilya dalam melawan penjajah. Di tempat ini pula Pangeran Diponegoro sering menyendiri. 

Banyak pelancong yang berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini dengan tujuan ingin mengenang jasa Pangeran Diponegoro dan sejarah perjuangan beliau dalam melawan penjajahan Belanda. Fasilitas yang ada di Gua Selarong ini salah satunya adalah bumi perkemahan. Alamat : Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


8. Pemandian Air Panas Parang Wedang. Tempat wisata di Bantul berikutnya adalah tempat pemandian air panas parang wedang yang cukup terkenal. Pemandian ini adalah salah satu destinasi wisata di Bantul yang memiliki keunikan tersendiri. Tidak seperti kebanyakan pemandian air panas yang berada dekat dengan pegunungan, Pemandian Air Panas Parang Wedang lokasinya malah dekat dari pantai.

Pemandian Air Panas Parang Wedang dekat dengan Parangtritis. Di lokasi pemandian telah dibangun kolam penampungan yang mempunyai ukuran 9 x 8 meter dan fasilitas berupa kamar mandi air hangat yang diperuntukkan bagi pengunjung supaya mereka nyaman berada di lokasi wisata ini. Karena lokasi yang berdekatan ini maka tak heran jika tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung, terutama saat musim liburan tiba.


9. Pantai Samas. Bantul memang mempunyai banyak tempat wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah  satunya adalah Pantai Samas. Letaknya kurang lebih 25 km selatan Kota Gudeg. Selain panorama alam sekitar pantai yang indah. Daya tarik lainnya dari Pantai Samas adalah adanya sebuah mercusuar yang dipakai para nelayan sebagai navigasi. Tempat ini pun sangat pas bagi anda yang memiliki hobi fotografi, sebab banyak spot menarik sebagai objek jepretan yang bisa dieksplor ketika berwisata kemari. Alamat tempat wisata yang satu ini adalah : Kecamatan Senden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


10. Makam Imogiri. Makam ini adalah salah satu obyek wisata religi yang selalu ramai kunjungan. Makam yang dianggap keramat ini merupakan makam dari raja-raja Kasultanan Mataram. Nama lain Makam Imogiri yaitu Pajimatan Girirejo Imogiri dan Pasarean Imogiri.

Menurut sejarah, pembangunan pemakaman ini dilakukan oleh Sultan Mataram III yang bernama Prabu Hanyokrokusumo tahun 1632. Letaknya di atas perbukitan yang masih termasuk ke dalam gugusan pegunungan seribu. Alamat : Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


11. Taman Wisata Tirta Tamansari (Water Byur Bantul). Ini merupakan salah satu tempat wisata di Bantul favorit keluarga. Ketika berlibur ke lokasi wisata Bantul yang satu ini kita dapat berenang atau menikmati wahana outbond. Sama seperti waterpark, kolam renangnya dilengkapi dengan beberapa wahana permainan.

Nah, untuk tiket masuk ke Taman Wisata Tirta Tamansari ini dibanderol seharga Rp 7.000,- saja dengan jadwal mulai pukul 07.00-20.00. Alamat : Jalan Wijaya Kusuma No. 180, Niten, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta.



TEMPAT WISATA LAIN di BANTUL, YOGYAKARTA

Tempat Wisata Alam berupa Pegunungan dan Hutan di Bantul :    
tempat wisata di bantul yogyakarta

1. pegunungan Hargodumilah di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan;
2. Tugu Pandang Nganjir di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo; 
3. hutan Wanagama di desa Mangunan Kecamatan Dlingo;

Tempat Wisata Alam berupa Gua di Bantul :
1. goa Gajah di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
2. goa Cerme di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri;
3. goa Jepang di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
4. goa Sunan Mas (Surocolo) di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
5. goa Nogobumi di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong;
6. goa Payaman di Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu;
7. goa Lawa di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri;


Tempat Wisata Seni Budaya, dan Agrowisata di Bantul :

Museum Batik (Desa Girirejo, kecamatan Imogiri)
Museum Wayang Kekayon (Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan)
Padepokan Seni Bagong Kusudiharjo (Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan)

Agrowisata di Bantul
Pabrik Gula Madukismo (Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan)
Agrowisata Argorejo (Sedayu, Bantul)


Tempat Wisata Alam berupa Pantai di Bantul    
1. pantai Parangtritis di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
2. pantai Parangkusumo di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
3. pantai Depok di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek
4. pantai Samas di Desa Srigading, Kecamatan Sanden;
5. pantai Patehan di Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden;
6. pantai Pandansimo di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
7. pantai Kuwaru di Desa Poncosari, Kecamatan, Srandakan.


Tempat Wisata Religi / Ziarah di Kabupaten Bantul
1. Makam Raja-raja Mataram di Desa Girirejo Kecamatan Imogiri;
2. Makam Kotagede di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
3. Makam Sunan Cirebon di Desa Wukirsasi Kecamatan Imogiri;
4. Makam Sewu di Desa Wijirejo Kecamatan Pandak;
5. Makam Seniman di Dusun Karang Kulon, Kecamatan Imogiri;
6. Makam Pahlawan di Desa Patalan Kecamatan Jetis;
7. Makam Syeh Belabelu di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
8. Makam Syeh Maulana Maghribi di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
9. Makam Pangeran Pekik di Desa Girirejo Kecamatan Imogiri;
10. Makam P. Pekik, di Dusun Banyu sumurup, Girirejo, Imogiri;
11. Makam Sunan Geseng di Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan;
12. Makam Dipokusumo di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
13. Makam Selohening di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
14. Makam Barat Ketigo di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
15. Petilasan Goa Selarong di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan;
16. Petilasan Ki Ageng Mangir di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan;
17. Petilasan Pandansari di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
18. Petilasan Pandan Payung di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
19. Petilasan dan ziarah Pandansimo di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan;
20. Petilasan dan ziarah Parangkusumo di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek;
21. Petilasan Ambarbinangun di Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan;
22. Sendang Kasihan di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan;
23. Sendang Semanggi di Kasongan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan;
24. Sumber Air Bengkung di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo;
25. Sumur Bandung di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan;
26. Sendang Manikmoyo di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan; dan lain-lain.

Tempat Wisata Monumen Bersejarah di Bantul
1. Monumen Segoroyoso, di Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret;
2. Monumen Bibis di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan;
3. Monumen TNI-AU Ngoto di Desa Tamanan Kecamatan Banguntapan;
4. Monumen Brimob di Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu;
5. Monumen KB/APSARI di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan;
6. Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
7. Monomen Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Srimartani Kecamatan Piyungan; 

Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul
1. museum wayang kekayon di Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan;
2. museum batik di Dusun Ketandan Tengah, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri
3. Padepokan seni Bagong Kusudiharjo di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan;

Situs Bersejarah Kabupaten Bantul
1. situs Kraton Kerto di Desa Pleret Kecamatan Pleret;
2. situs Watu Wedhok di Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri;
3. situs Batu Songkamal di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
4. situs Watu Lindung di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
5. situs Payak di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
6. situs Pleret di Kecamatan Pleret;
7. situs Kotagede di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
8. situs Watu Cantheng di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
9. situs Watu Gilang di Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan;
10. situs Segoroyoso di Desa Segoroyoso Kecamatan Pleret;
11. situs watugilang di Desa Gilangjharjo, Kecamatan Pandak;
12. situs candi Ganjuran di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro;

Obyek Wisata Buatan di Bantul
a. pemandian Parangwedang di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
b. kolam renang Parangtritis di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek;
c. kolam renang Tirtotamansari di Desa Trirenggo Kecamatan Bantul;
d. Kid Fun Park di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan;
e. Bendung Tegal di Desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri
f. Balong Waterpark di Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan
g. Grand Puri Waterpark di Gabusan, Kecamatan Sewon