Pantai Baron, Wisata Pantai Yang Menawan di Gunung Kidul

Pantai Baron. Satu lagi obyek wisata pantai yang sangat menawan, pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta.

Gunung kidul memang sangat terkenal dengan banyaknya obyek wisata pantai yang menawan. Seperti halnya pantai Ngobaran, pantai Baron menjanjikan pemandangan alam berupa pantai yang sangat indah, anda pasti tidak akan menyesal mengunjungi pantai Baron ini.

Jika sebelumnya kita mengulas tempat wisata di Bantul, kali ini perjalanan kita bergerak sedikit ke kabupaten tetangga yaitu Gunung Kidul, di sinilah lokasi pantai Baron. Tepatnya terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta. Jalan menuju objek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus.

Obyek wisata Pantai Baron Gunung Kidul merupakan pantai yang membentuk cekungan. Seperti pantai lainnya, di Pantai Baron tersedia aneka ikan laut beserta olahannya. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol. Pantai Baron memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cenderamata. Buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cenderamata yang terbuat dari kerang laut.  Cenderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.


SEJARAH PANTAI BARON

Bagi masyarakat Jawa, nama Baron bisa dibilang cukup neyeleneh. Jika dibandingkan

pantai baron
dengan nama-nama pantai yang terdapat di sekitarnya, Pantai Baron ini sangat berbeda. Sebut saja nama-nama pantai seperti Indrayanti, Drini, Pok Tunggal, Kukup Krakal dan lain sebagainya. Nama yang cukup unik bukan?

Ternyata, nama Baron ini berasal dari seorang keturunan Belanda, kok bisa? Dahulu kala ada seorang keturunan Belanda (ada juga yang menyebutnya dari Spanyol) mendaratkan kapalnya di pantai ini. Dia adalah Baron Sekeber yang konon memiliki kesaktian yang cukup tinggi dan bahkan dikabarkan pernah bertarung dengan Panembahan Senopati yang merupakan pendiri Kesultanan Mataram.

Nah, pada tahun 1930-an, pantai ini menjadi tempat untuk menyembunyikan senjata oleh bangsa Belanda. Di sekitaran pantai juga banyak sekali orang-orang Belanda yang tinggal. Dan entah karena apa mungkin saja kesaktiann yang dimiliki Baron Sekeber, pantai ini memiliki nama Pantai Baron. Meski begitu belum jelas apakah cerita tersebut benar atau tidak. Yang pasti, nama Baron tersebut berasal dari seorang bule yang berlayar ke sana.

Sekarang ini, Pantai Baron telah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih oleh wisatawan. Tidak hanya alamnya saja yang sangat menggoda, fasilitas yang ditawarkan juga sudah sangat memadai. Beberapa contoh fasilitas yang ditawarkan antara lain pelelangan ikan, toko cinderamata, wahana permainan anak, dan lain sebagainya.



YANG MENARIK DI PANTAI BARON

Pantai Baron memiliki karakteristik pasir coklat kehitaman mirip dengan Pantai Parangtritis, selain itu ombak di Pantai Baron juga terbilang cukup besar walaupun bentuknya menyerupai teluk.

Pantai Baron bisa dibilang salah satu pantai unik di Jogja karena di tempat wisata ini kita bisa menemukan dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai di pinggir pantai.

Tak sekedar aliran sungai biasa, aliran sungai ini terletak di sebelah barat Pantai Baron dimana langsung mengalir kearah laut.

Uniknya, setiap 5 tahun sekali aliran sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yaitu mengalir ke timur terlebih dahulu (membelah pasir pantai) sebelum bermuara di laut.

Sama halnya dengan beberapa pantai di laut jawa, setiap hari 1 Syura di Pantai Baron selalu diadakan upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih dari masyarakat setempat atas panen ikan yang melimpah.

Tak hanya itu saja, Pantai Baron juga menjadi salah satu tempat untuk berburu kuliner di Jogja, di tempat wisata Gunung Kidul ini terdapat banyak sekali warung yang berjejer menawarkan berbagai macam menu.

Pemandangan di Pantai Baron terbilang cukup indah, terutama jika kamu naik di tebing sebelah timur pantai, dari atas tebing tersebut kita bisa melihat seluruh kawasan Pantai Baron, kerennya lagi diatas tebing ini juga terdapat mercusuar lho.

Dari atas mercusuar kita bisa melihat Pantai Baron yang terlihat kecil dengan perbukitan disekelilingnya, jika kita melihat ke timur, kita bisa melihat deretan pantai lainnya, terutama Pantai Kukup yang hanya dipisahkan oleh tebing kars saja.



RUTE MENUJU KE PANTAI BARON

Untuk bisa menyaksikan keindahan lautan dan kenikmatan dari kuliner bahari khas Pantai Baron, tentu saja Anda perlu untuk datang secara langsung ke lokasi. Pantai Baron ini terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogjakarta. Nah, untuk bisa mencapai lokasi Pantai Baron, ada dua pilihan yang bisa Anda ambil, yakni naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Naik Kendaraan Umum

Bagi Anda para traveler yang naik kendaraan umum, cara menuju ke Pantai Baron ini sangat mudah karena sudah dilewati kendaraan umum. Baiklah, Dari Terminal Giwangan naik bus dengan jurusan Jogja-Wonosari (contoh armadanya antara lain Maju Lancar, Djangkar Bumi, rawit Mulyo dan lain sebagainya) selanjutnya naik mini bus dengan rute Wonosari-Baron, turun di Pantai Baron.

Naik Kendaraan Pribadi

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil malah lebih mudah dari memakai transportasi umum. Dari Jogja langsung menuju ke Wonosari dan setelah itu akan banyak sekali petunjuk arah menuju ke Pantai Baron. Dengan mengikuti petunjuk arah tersebut, Anda akan sampai di tujuan dengan lebih cepat. Jalanan ke Pantai Baron ini sudah cukup bagus karena sudah di aspal.



PENGINAPAN DI PANTAI BARON

Wisatawan yang menginginkan tempat beristirahat saat berwisata dapat memilih penginapan yang memberikan rasa nyaman, berlokasi strategis serta terjangkau dalam hal biaya. Tak salah, pilihan tersebut dapat dijumpai di Penginapan Baron Sari, kawasan Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul.

Fasilitas yang ditawarkan penginapan ini sangat menarik. Penginapan ini menyediakan 19 kamar dengan beberapa pilihan fasilitas, diantaranya; Single-bed fan, Twin-bed fan, Twin-bed AC, Single-bed AC TV, serta Single-bed AC TV Tub.

Harga setiap kamar sangat bersahabat, Wisatawan dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Biaya sewa kamar berdasar fasilitas yang disediakan tersebut mulai dari Rp. 80.000, Rp. 150.000, Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000 saja. Penginapan Baron Sari juga memiliki fasilitas lain yakni ruang pertemuan dengan kapasitas 50 orang, dengan biaya sewa Rp. 350.000.

Selain harga yang terjangkau, lanjut Hartono, lokasi penginapan cukup strategis, di mana posisinya dekat dengan bibir Pantai Baron, sekaligus pusat kuliner kawasan pantai, di mana hanya berjarak sekitar 200 m saja. Berjalan kaki sebentar, melewati kios oleh-oleh dan pusat kuliner sudah sampai. Posisinya berada di sebelah kanan jalan sebelum kawasan pantai, atau sebelah utara Pendopo Baron.