Pura Luhur Uluwatu, Pesona Wisata Nggak Pernah Luntur

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali.


SEJARAH PURA LUHUR ULUWATU

Pura Luhur Uluwatu dibangun pada masa kerajaan suami istri Sri Msula-Masuli sekitar abad ke-9, dibangun oleh Mpu Kuturan atau dengan gelar Mpu Rajakreta. Mpu Kuturan adalah seorang pendeta Budha yang berasal dari desa Girah di Jawa Timur, beliau datang ke Bali karena dorongan untuk mengajarkan dharma dan agama, sangat berjasa dalam menyatukan sekte-sekte yang ada di Bali, sehingga terwujudlah pura Kahyangan Tiga, manifestasi Tuhan sebagai dewa Tri Murti dan sanggah Kembulan.

Pura Uluwatu juga merupakan tempat moksanya Dang Hyang Nirarta atau Dang Hyang Dwijendra. Pendeta kerajaan Gelgel pada masa Dalem Waturenggong, yang juga berasal dari tanah Jawa ini, melakukan tapa brata di pura Uluwatu.

Namun sebelum beliau moksa di tempat ini, beliau memiliki pustaka suci yang akan diberikan kepada putranya yang bernama Empu Mas yang berada di desa Mas. Kemudian Dang Hyang Nirarta minta tolong kepada seorang nelayan bernama Ki Pasek Nambangan untuk membawa pustaka suci tersebut kepada Empu Mas. Setelah waktunya tiba Dang Hyang Nirarta melakukan tapa yoga semadi dan akhirnya moksa kembali ke surga tanpa meninggalkan jasad.

Pura Luhur Uluwatu menempati jajaran penting pura di Bali sebagai Kahyangan Jagat, dikenal sebagai salah satu dari Padma Bhuwana dan Pura Sad Kahyangan yang menjadi pilar-pilar pulau Bali.

Sad Kahyangan tersebut diantaranya pura Besakih terletak di Kabupaten Karangasem, Lempuyang Luhur di Karangasem, Batukaru di Tabanan, Gua Lawah di Klungkung, Uluwatu di Badung dan Pura Puser Tasik atau Pusering Jagat di Gianyar.

Dari segi geografis, pura Uluwatu terletak di atas bukit kapur dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Memasuki areal pura, anda harus menapaki puluhan anak tangga, pelinggih pertama yang dijumpai adalah pelinggih Dalem Bajurit di halaman jaba sisi, yang merupakan pura Pesanakan Uluwatu dan pengembangan pada jaman Dang Hyang Nirarta, terletak pada sisi sebelah kiri di pura Dalem Bajurit ini terdapat 3 buah tugu Tri Murti yaitu patung Brahma, Ratu Bagus Dalem Jurit (perwujuan Siwa Rudra) dan Wisnu.

Memasuki areal lebih dalam terdapat yaitu di jaba tengah (halaman kedua) terdapat sebuah bak air yang selalu berisi air, bahkan pada musim kering sekalipun ... walaupun terletak di dataran tinggi. Sebuah keajaiban alam atas kehendak Tuhan, sehingga bak air tersebut dikeramatkan, sebagai tempat sumber air suci (tirta).

Halaman utama (jeroan) pura Luhur Uluwatu terletak paling ujung terdapat sebuah meru tumpang tiga yang biasanya disaksikan dari kejauhan oleh wisatawan, tempat ini (halaman utama) dan halaman ke dua (jaba Tengah) tidak diperbolehkan wisatawan masuk ke dalam kecuali warga yang akan bersembahyang.

Antara halaman kedua menuju halaman utama terdapat Candi Kurung Padu raksa didesain bersayap, bentuk candi tersebut menyerupai candi bersayap yang ada di Jawa Timur, sebuah peninggalan kuno di Sendang Duwur dengan candrasangkala, bentuk candi juga memiliki kesamaan dengan candi kurung bersayap yang ada di pura Sakenan.

Pura luhur Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, bahkan even internasional seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.
pura luhur uluwatu


PURA LUHUR ULUWATU MENJADI TUJUAN WISATA FAVORIT


Ada beberapa penyebab yang membuat pura Uluwatu menjadi tempat liburan favorit di Bali, seperti:
  • Lokasi pura Luhur Uluwatu berdekatan dengan tempat wisata Bali selatan yang lain. Seperti pantai Pandawa, objek wisata Garuda Wisnu Kencana, objek wisata pantai Dreamland, serta pantai Jimbaran Bali.
  • Salah satu lokasi terbaik melihat sunset di Bali.
  • Terdapat pementasan tari Kecak dengan latar belakang sunset.
  • Harga tiket masuk Pura Uluwatu sangat murah.
  • Tempat parkir tersedia sangat luas.


LOKASI PURA LUHUR ULUWATU

Pura Luhur Uluwatu Bali berada di Pecatu, masuk dalam kawasan kecamatan Kuta, kabupaten Badung – Bali. Kecamatan Kuta, bukan berarti pantai Kuta ya pembaca! Lokasi pantai Kuta lumayan jauh dari pura Uluwatu. Baca juga : tempat wisata di Bantul

Letak dari pura Luhur Uluwatu berada di atas tebing tinggi dan pembaca dari atas tebing dapat melihat pemandangan samudra Hindia. Sebelum pengunjung dapat melihat pura Luhur Uluwatu, pengunjung harus melewati kawasan hutan. Uniknya di kawasan hutan ini, pengunjung juga dapat melihat kera.


RUTE CARA MENCAPAI PURA LUHUR ULUWATU

Untuk mencapai Pura Luhur Uluwatu, ada tiga cara mudah menuju lokasi dari pura Uluwatu, yaitu:
  • Menyewa sepeda motor yang banyak tersedia di pulau Bali. Harga rental sepeda motor di Bali kisaran Rp 75.000 – 100.000 / 24 jam.
  • Menggunakan jasa sewa mobil murah Bali. Namun jika pembaca belum familiar dengan jalan yang ada di pulau Bali, untuk menghindari tersesat di jalan! Sebaiknya menggunakan jasa sewa mobil dengan supir di Bali.
  • Jika pembaca tidak ingin ribet mengurus perencanaan transportasi, mengatur biaya liburan di Bali, maka saya sarankan untuk mencari jasa paket wisata Bali private.